Peringati HUT Bhayangkara Ke 78, Polres Konawe Bersama Polsek Puriala Gelar Penanaman Pohon

waktu baca 2 menit
Kamis, 27 Jun 2024 04:01 0 12 Admin

BAITSULTRA.COM. KONAWE – Kepolisian Resort (Polres) Konawe dan Polsek Puriala menggelar penanaman pohon sebagai wujud dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke 78 Tahun 2024, Kamis (27/05/2024).

Kegiatan yanng digelar di Kecamatan Puriala turut dihadiri Wakapolres Konawe Kompol Jamaluddin Saho, Kabag Sumdah AKP Deddy Sutrisno, Camat Puriala Jasmin, Kapolsek puriala Ipda Muh. Nur Avivin, Danramil Lambuya diwakili Serka Ambo Dalle, Kepala Resor BKSDA Puriala, para Kepala Desa Se Kec. Puriala.

Kapolsek Puriala Ipda Nur Avivin, S.H menngatakan, sebelum penanaman pohon dilaksankan terlebih dahulu dengan mengikuti kegiatan zoom meeting tingkat Mabes Polri.

Setelah itu dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis dimulai oleh Waka Polres Konawe, Camat Puriala, Danramil Lambuya, Para Kepala Desa, BKSDA Puriala dan tokoh masyarakat.

“ Kegiatan penanaman pohon ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap lingkungan yang dirangkaian dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke 78 Tahun 2024,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa tujuan menanam pohon di sekitar rumah atau dilahan kosong yaitu dapat membantu mencegah banjir dengan dua cara.

Dua cara itu menurut Kapolsek Lambuya ini pertama, pohon dapat berfungsi sebagai penghalang alami yang memperlambat aliran air hujan menuju rumah dan yang kedua akar pohon memiliki kemampuan menyerap air dalam jumlah besar, mengurangi risiko kelebihan air yang membanjiri rumah.

Menanam pohon juga dapat menghasilkan oksigen (O2).Oksigen ini merupakan sumber kehidupan, unsur senyawa esensial yang sangat dibutuhkan oleh manusia dan hewan dalam proses respirasi, saat bernapas.

“Apabila kita kekurangan pasokan oksigen tentu manusia dan hewan akan menderita sakit dan sesak napas,”jelas Kapolsek Puriala.

Laporan : BS

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA