Khidmat, Pj Gubernur Sultra Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Watubangga

waktu baca 2 menit
Jumat, 10 Nov 2023 17:17 0 32 Admin

BAITSULTRA.COM. KENDARI – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto memimpin Upacara Hari Pahlawan ke-78 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Watubangga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Jumat (10/11/2023).

Upacara yang diikuti oleh para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), serta unsur TNI dan Kepolisian itu berlangsung khidmat.

Hari Pahlawan ke-78 tahun ini, diperingati dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Dalam kesempatan tersebut, Andap menyampaikan, pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

“Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora,” ujarnya.

Sesuai dengan tema peringatan Hari Pahlawan tahun ini, kata dia, semangat untuk memberantas kebodohan dan memerangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok tanah air.

“Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera,” tutupnya.

Upacara diakhiri dengan Peletakan Karangan Bunga dan penghormatan kepada arwah para pahlawan. Kemudian dirangkai dengan Pelaksanaan Tabur Bunga di makam pahlawan oleh para peserta upacara.

Di moment tersebut, keluarga para Pahlawan yang berasal SultraSultra turut diundang diantaranya, keluarga Almarhum Oputa Yi Koo, keluarga Pahlawan H Supu Yusuf, keluarga Pahlawan H. Yacob Silondae, Keluarga Almarhum Mayjend (Purn.) Eddy Sabara, Gubernur Sultra 2 periode, dan Keluarga Pahlawan La Ode Idrus Effendi. (BS/a*)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA