HUT Konawe ke-64 Berlangsung dengan Khidmat dan Meriah

waktu baca 2 menit
Minggu, 3 Mar 2024 11:45 0 27 Admin

BAITSULTRA.COM. UNAAHA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe ke-64, di halaman kantor Bupati, Minggu (03/03/2024).

Acara yang berlangsung dengan khidmat dan meriah dihadiri unsur forkopimda, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Konawe, serta beberapa pejabat dari Pemprov Sultra. Mereka mengenakan pakaian adat kedaerahan.

“Semoga, diusianya yang ke-64 ini Kabupaten Konawe akan semakin maju dan seluruh masyarakatnya semakin sejahtera kedepannya, ” harap Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Dr. Harmin Ramba.

Sebelumnya, pada acara pembukaan Pameran Expo dalam rangka memperingati HUT Konawe, Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba, telah dengan gamblang menjelaskan bahwa “Konawe Kota Padi” adalah cerminan dari 80 persen masyarakat Konawe yang bergantung pada sektor pertanian.

Tinjauan luas Harmin Ramba terhadap lahan pertanian dan perkebunan yang mencapai 70 persen menjadi sorotan utama. Meski begitu, ia tidak lupa untuk menyoroti keberlanjutan sektor pertambangan.

Beranjak dari peringatan HUT Konawe, Harmin Ramba mengungkapkan program pembangunan jangka panjang dengan mengklasterkan wilayah Konawe menjadi 3 pusat pertumbuhan yang strategis.

Pertama, pusat pertumbuhan di Kota Unaaha, dengan fokus pada sektor pertanian dalam arti luas, mencakup pertanian, perikanan, perkebunan, dan sektor-sektor pendukungnya.

Kedua, Morosi, menjadi pusat pertumbuhan kedua di wilayah Konawe Timur Laut. Dan terakhir, Kecamatan Routa akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dengan fokus pada sektor baterai.

“Ketiga wilayah pembangunan ini, kita integrasikan atau kita satukan. Tentunya Konawe akan lebih maju, ini semua perlu kolaborasi dan sinergi dalam mewujudkan kemajuan yang berkelanjutan bagi Konawe kedepan Insya Allah,” ucap Harmin Ramba.

Usai upacara HUT Konawe, Pj Bupati beserta para pejabat Provinsi Sultra dan tamu undangan lainnya menjelajahi stan pameran kuliner yang dipersiapkan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Konawe.

Keberagaman kuliner menjadi cerminan kekayaan budaya dan potensi pariwisata yang dimiliki oleh Konawe.

Dalam satu titik pangkalnya, perayaan HUT Konawe bukan hanya sekedar perayaan masa lalu, tetapi juga momentum yang tepat untuk merenung, merencanakan, dan melangkah ke masa depan dengan penuh semangat dan harapan. Konawe, dengan identitas baru sebagai “Kota Padi”, siap menghadapi tantangan dan mengejar impian bersama menuju masa depan yang lebih gemilang.

Laporan : BS

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA